Info Terbaru :
Home » , , » Biografi Singkat KH. Ahmad Bushaeri (bagian ke 3)

Biografi Singkat KH. Ahmad Bushaeri (bagian ke 3)

Written By Admin on Senin, 17 Oktober 2011 | 00.54


       BERJUANG  MENDIRIKAN  PNA

Dalam catatan sejarah pesantren Nihayatul Amal yang terletak kurang lebih 15 KM dari kota Karawang, peletakan batu pertamanya tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1965 merupakan sebuah lembaga pendidikan tradisional klasik. PNA lahir dari masyarakat untuk masyarakat, hal itu dibuktikan dengan terlibatnya unsur lapisan masyarakat, tokoh agama dan pejabat pemerintahan seperti: KH. Ahmad Syatibi sebagai tikih agama, Camat Jabarudin sebagai pejabat pemerintahan, Mbah Uca selaku orang tua serta Mbah Mail sebagai tokoh masyarakat sekaligus sebagai kakek beliau.

KH. Ahmad Bushaeri yang baru datang dari pesantren Lirbooyo langsung dibebani tugas dan ditunjuk untuk memimpin PNA bersama-sama KH. Ali Mursyidi, KH. Taryan Sulaeman (Kang Iyong), dan Ustad H. Mad Kamil. Beliau bahu membahu bersama para pengajar lainnya untuk membesarkan dan membimbing langsung para santri Nihayatul Amal pada saat itu dalam mengkaji kitab-kitab kuning (Kutub Sofro) yang merupakan literatur wajib pondok-pondok pesantren Salaf. (untuk susunan Pengurus Pondok Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta di awal kepengurusan, lihat pada bagian F).

Selanjutnya dalam mengembangkan pesantren Nihayatul Amal, KH Ahmad Bushaeri yang didukung oleh KH. Syatibi selaku tokoh agama di Sukamerta terus menjalin komunikasi dengan semua unsur termasuk pejabat pemerintah yang saat itu berada dibawah naungan pemerintah Orde Baru. Kita semua tahu bagaimana politik Orde Baru yang mencoba memposisikan para ulama-ulama pesantren untuk tidak berpolitik praktis. Beliau KH. Ahmad Bushaeri yang mempunyai prinsip politiknya seperti ikan dalam lautan (Air laut boleh asin tapi ikannya tetap tawar), disini terbersit begitu dalam dan mahirnya KH. Ahmad Bushaeri berpolitik.

Beliau menyadari bahwa perjuangan untuk menegakakn Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan meneruskan perjuangan pondok pesantren merupakan basis lembaga pendidikan agama Islam harus terus maju dalam kondisi apapun. Sebab beliau KH. Ahmad Bushaeri didalam hatinya ingin mencetak kader-kader agama (santri) yang mampu menguasai ilmu agama dan taat beribadah kepada Allah SWT, Serta bersikap tawadhu. Sikap tawadhu ini yang menjadi ciri khas kepribadian beliau.

Kerendahan hati beliau KH Ahmad Bushaeri terbukti ketika ditanya oleh teman mesantrennya “berapa ssantrinya?” beliau menjawab cukup untuk shalat berjama’ah, padahal kita semua tahu bahwa PNA dalam kurun 20 tahun telah mengembangkan pondoknya dengan membuka pondok pesantren putri (Albanat) dengan pimpinan Ajeungan Anom (KH. Abdurrohman) yang berdiri pada tahun 1984. Selanjutnya pada tahun 1992 beliau membuka TK Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal dengan pimpinan KH. Mamduh Mastari, sekaligus cabang dari Sedayu – Gresik – Jawa Timur yang diresmikan langsung oleh KH. Abdul Muksit Muhammad Sidayu. Saat itu jumlah santri seluruhnya kurang lebih 900 santri putra-putri dan taman kanak-kanak. Dan baru pada tahun 1996 atas prakasa beliau sendiri dan desakan para alumni serta tokoh masyarakat PNA membuka lembaga pendidikan formal yaitu Madrasah Ibtidaiyyah Nihayatul Amal. Pada tanggal 08 Agustus 1999 beliau juga membuka Tarbiyyatul Atfal dengan Pimpinan KH. Umar Syahid. Tidak lama kemudian berdiri SMP Nihayatul Amal pada tahun 2002 dilanjutkan dengan berdirinya MA Nihayatul Amal pada tahun 2005 dan pada tahun 2009 ini berdirilah SMK Nihayatul Amal.

Begitupun pada tahun 1980-an ssampai tahun 2000-an ini berdiri cabang-cabang PNA baik didalam kabupaten Karawang, maupun di luar Kabupaten Karawang. Pada tahun 2009 ini snatri PNA di Rawamerta yang tercatat kurang lebih berjumlah 2000 orang. Itu semua merupakan bukti nyata bahwa beliau KH. Ahmad Bushaeri seluruh hidupnya di curahkan untuk perjuangan dunia pendidikan, khususnya pendidikan pesantren.
Bagikan :

3 komentar:

  1. TENTANG AMA BUSAERI.......MEMBERI PENGETAHUAN YG CUKUP BERMAKNA

    BalasHapus
  2. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    (Assalamu 'alaikum Wr. Wb)
    Smoga anak saya menjadi anak yg sholeh&sholehah..
    آمينَ آمينَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

    BalasHapus

 
Support : Tukang Buat Blog | Dompet Cendekia | Nahdlatul Ulama
Copyright © 2011-2013 - Pondok Pesantren Nihayatul Amal - All Rights Reserved
Sekretariat : Sumberjaya RT/RW 02/04 - Karang pucung - Waysulan - Lampung Selatan Kodepos 35452
Template : Creating Website Published by Mas Template